Foto: Ilustrasi Rak Buku bacaan

Dorong Minat Baca Di Depok, Kelurahan Baktijaya Lengkapi Buku Bacaan 

Posted on 21 views
DepokNews — Kurangnya minat baca masyarakat dipengaruhi oleh akses buku yang sulit seperti di beberapa perpustakaan sekolah yang hanya menyediakan sedikit buku. Namun, hal itu mampu di atasi oleh perpustakaan pintar pertama di Kota Depok yang terletak di Kelurahan Baktijaya. Guna mendorong minat baca masyarakat di Kota Depok, Perpustakaan Pintar di Baktijaya melengkapi koleksi buku bacaan.
Menurut Supadmi Agus, Penggagas Perpustakaan Pintar di Kelurahan Baktijaya, ia mengatakan bahwa di perpustakaan tersebut saat ini semakin lengkap. Mulai dari sajian buku-bukunya yang beragam. Bukan hanya buku-buku untuk kalangan anak-anak saja melaikan Perpustakaan ini menyajikan buku yang bisa dibaca dan dinikmati oleh orang tua.
Perpustakaan Pintar yang sudah berdiri pada tahun 2016 sekarang telah melengkapi koleksi buku. Supadmi Agus menyatakan, buku-buku yang ada di Perpustakaan pintar ini tidak semuanya dibeli tetapi buku-buku tersebut berasal dari donatur.

“Saya merasa bersyukur, alhamdulillah, sekarang sudah banyak donatur yang mengirimkan buku dan saat ini sudah semakin lengkap,” tuturnya.

Buku yang disumbangkan pun beragam judul dan jenisnya. Ada buku pendidikan, buku calistung untuk anak-anak, buku cerita, komik, dan buku pengetahuan lainnya.

Selain itu, untuk jam buka sendiri, sambungnya, sesuai dengan jam operasional kelurahan yakni dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 WIB. Seluruh masyarakat dapat berkunjung dan meminjam buku yang tersedia. Dirinya menjelaskan pula siapa saja boleh datang dan pinjam buku, karena ini bebas untuk masyarakat.

“Kami berharap, melalui perpustakaan ini masyarakat semakin gemar untuk membaca untuk meningkatkan pengetahuannya,” tutup Supadmi.