Foto: Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Royke Lumowa saat meresmikan tertib lalin dalam kuliah umum di Balairung Universitas Indonesia (UI). 

Dorong Budaya Tertib Lalin, UI Jadi Kampus Pertama Terapkan Kawasan Tertib Lalin

Posted on 11 views
DepokNews — Dalam mendorong budaya tertib lalu lintas Universitas Indonesia (UI) resmi menjadi kampus pertama yang menerapkan sistem Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL). Hal itu dilakukan demi keselamatan pengendara itu sendiri. Untuk merealisasikan budaya tertib lalu lintas, Dalam realisasinya, program ini turut melibatkan Korps Lalu Lintas Polri.Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Royke Lumowa mengatakan, itu merupakan bentuk pelopor keselamatan berlalulintas. “Mari kita terapkan tertib berlalu lintas. Demi keselamatan juga,” ungkap Royke saat menghadiri kuliah umum di Balairung UI, Selasa (26/9/2017).

Menurut jenderal polisi bintang dua ini, budaya tertib lalu lintas penting untuk dicermati. Tidak hanya dari prilaku si pengemudi itu sendiri, namun juga dari kepekaan kendaraannya. Layak atau tidak turun ke jalan ?.

“Ini menjadi upaya juga dalam mengurangi angka kecelakaan di jalanan,”tegasnya.

Lebih lanjut, sambung dia, kebijakan sistem tilang berbasis IT (pakai CCTV) kemungkinan akan dilakukan merata pada 2019. Untuk saat ini, masih dalam tahap uji coba di kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. “Saat ini baru tahap wacana, regulasinya diperbaiki dulu,” ujarnya.

Adapun tindak lanjut dari sistem KTL di UI, Kapolsek Beji, Kompol Yenny Sihombing mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah. Diantaranya, rutin menggelar razia kendaraan.

“Tentu akan ditilang. Pelanggaran mayoritas pengendara motor yang tak pakai helm,” tandasnya.