DepokNews- Untuk mendongkrak partisipasi pemilih di Kota Depok, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok merekrut sebanyak 22 orang relawan demokrasi yang berasal dari kalangan masyarakat. Relawan ini bertugas meningkatkan partisipasi pemilih dan mensosialisaikan terkait Pilkada 2020.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengatakan, Relawan Demokrasi terdaftar dalam Surat Keputusan KPU Kota Depok Nomor 1 85/HK.03. 1 –Kpt I 3276 I KPU-Kol/X I 2020. Tentang Penetapan Relawan Demokrasi pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali kota Depok Tahun 2020.

“Para relawan ini merupakan mitra kami dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih, sekaligus bertugas meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih,” ujarnya pada Senin (19/10/20).

Ditambahkan Nana, Relawan Demokrasi memiliki beberapa agenda tugas, diantaranya memetakan varian kelompok sasaran, mengidentifikasi kebutuhan varian kelompok sasaran materi dan metode sosialisasi yang akan dilakukan, menyusun jadwal kegiatan dan berkoordinasi dengan relawan pemilu yang lain, serta menyusun dan melaporkan kegiatan kepada KPU.

Puluhan relawan yang direkrut ini terbagi dalam sembilan basis pemilih. Diantaranya, pemilih keluarga, komunitas, marjinal, muda, pemula, perempuan, disabilitas, berkebutuhan khusus, dan warga internet (warganet).

Terakhir, Nana berharap Relawan Demokrasi ini dapat menggerakkan masyarakat di tempat tinggal mereka agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana dan bertanggung jawab.