DepokNews–Ketua Pengurus Cabang Dewan Masjid Indonesia (PC DMI) Kota Depok periode 2017-2022 KH. Iie Naseri Muhammad mengingatkan akan pemberdayaan dan peran masjid. Menurutnya, masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah atau sholat saja. Namun, masjid juga memiliki peran pemberdayaan masyarakat sekitar dan dalam bidang sosial. “Peran masjid bukan saja untuk sholat dan dzikir saja. Tapi, menyantuni anak yatim, membantu mengantar jenazah dengan mobil ambulance dan lainnya,”ujarnya seusai acara Rapat Kerja PC DMI Kota Depok, Aula BJB lantai 2, Margonda. Minggu (25/8).

Menurutnya, dengan meningkatkan peran sosial di sekitar masjid diharapkan bisa membantu meringankan beban. Terlebih lagi, lanjutnya, mampu menyelesaikan semua permasalahan umat dalam artian luas. “Kalau masjid ramai dengan jamaah bila di lingkungan sekitar ada tertimpa musibah atau kekurangan, tentunya sikap tanggap dan peduli juga akan tumbuh. Pastinya, banyak bidang garapan dalam pemberdayaan masjid. Melalui peningkatan bidang sosial, tentunya akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,”harapnya.

Sementara itu, Sekretaris DMI Kota Depok Ust. Endang mengungkapkan saat ini pihaknya mencatat terdapat 1400 masjid dan Musholla di Depok. Menurutnya tantangan ke depan pengurus DMI dan DKM masjid semakin beragam. Untuk itu, pihaknya menggelar Raker dalam upaya memajukan organisasi. Salah satunya, dalam menyusun program kegiatan yang terukur dan terarah. “Tentunya, kita berharap dengan adanya Raker ini sesuai dengan tema mengoptimalkan peran dan fungsi masjid dalam pemberdayaan umat. Dalam rangka melayani dan memakmurkan masjid,”paparnya.

Dalam kesempatan tersebut sedikitnya perwakilan 11 Pengurus Kecamatan DMI tampak hadir. Disamping itu, Camat Pancoran Mas, tokoh agama dan masyarakat.