DLHK Terus Berupaya Wujudkan Kota Depok Berketahanan Iklim

DepokNews – Berbagai upaya dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk mewujudkan kota yang berketahanan iklim. Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon.

“Target kami, 3000 pohon setiap tahun bisa di tanam. Tujuannya untuk mencegah erosi dan tanah amblas. Juga bisa menjadi penghasil oksigen,” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati di ruang kerjanya, Senin (07/06/21).

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga melakukan perlindungan terhadap mata air yang ada, pembuatan 100 ribu Lubang Resapan Biopori (LRB), serta pembangunan sumur resapan.

“Untuk menjaga iklim, pemberlakuan sistem satu arah guna memangkas waktu tempuh dan efisiensi BBM juga dilakukan. Hasilnya, kemacetan bisa terurai sehingga tidak ada kumpulan polusi udara di kawasan satu arah tersebut,” terangnya.

Ety menuturkan, pihaknya juga telah membentuk kampung iklim di tingkat RW. Selain itu, tahun ini pihaknya akan menata Jalan Margonda Raya. Dengan tujuan, memberikan rasa nyaman dan aman terhadap para pejalan kaki.

“Mungkin ke depan, kami juga berencana membuat jalur sepeda, sehingga diharapkan, masyarakat dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke moda transportasi umum,” tutupnya. 

Sumber : depok.go.id