TPU Karaba Tapos. (Foto: istimewa).

DepokNews – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Ety Suryahati menyebut, saat ini ketersediaan lahan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karaba Tapos masih mencukupi untuk memakamkan jenazah. TPU tersebut baru dioperasikan pada Oktober 2020.

“Ya, masih cukup. Karena Oktober 2020 kami baru membuka lahan tidur di Tapos seluas 1,2 Hektare berkapasitas 5.000 lubang,” ujarnya, Selasa (29/06/21).

Ety menyebut, saat ini sudah terisi lima makam umum atau bukan Covid-19 dan 275 makam Covid-19. Dikatakannya, jumlah ini fluktuatif karena setiap hari ada penambahan.

“Mudah-mudahan tidak semakin meningkat kasus kematian akibat Covid-19. Kami inginnya semua sehat,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Pemakaman Umum, DLHK Kota Depok Hasudungan mengaku, setiap harinya, petugas gali kubur bisa menguburkan lebih dari 10 jenazah Covid-19. Jenazah yang dimakamkan di TPU tersebut, semuanya berasal dari Kota Depok.

“Tidak semua lahan siap digunakan, pasalnya  harus ada land clearing. Karena jenis tanahnya rata dan bertebing. Untuk kapasitas saat ini, kami rasa masih cukup dan aman,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id