DepokNews- Sekitar 50 truk sampah disiapkan dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK) Kota Depok, untuk proses pembuangan sampah dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung ke Tempat Pemprosesan dan Pengolahan Akhir Sampah (TPPAS) Nambo, Kabupaten Bogor.

Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati menjelaskan 50 unit truk sampah terdiri dari 43 truk biasa dan tujuh unit truk tronton jika semua proses di TPPAS Nambo selesai semuanya.

“Teknisnya dari TPS langsung dibuang ke Nambo dengan kapasitas 300 ton/hari di tahap awal ini, sampai dengan pertengahan 2020 nantinya akan ditambah lagi sekitar 500 sampai 700 ton/hari,” jelas Ety.

Namun hingga kini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Kab. Bogor dan Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Barat yang dibawahnya BPSR Jawa Barat untuk TPA Nambo.

Sampah yang dibuang ke Nambo dari Depok merupakan sampah baru bukan sampah dari TPA Cipayung. Karena TPA Cipayung walaupun over load masih tetap berjalan terlebih sampah di TPA Cipayung sedang ada kajian revitalisasi.

“Biaya pembuangan sampah ke Nambo per ton mencapai kurang lebih Rp 140 ribu,” tandasnya.(mia)