DLHK Depok Ingatkan Warga Kurangi Sampah Plastik Pada Idul Adha

DepokNews- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, mengingatkan warga untuk bisa mengurangi sampah plastik saat perayaan Idul Adha.

Salah satunya mengganti wadah plastik daging kurban dengan bahan yang mudah terurai.

“Ini juga terkait kebijakan nasional tentang pengelolaan sampah. Kami mengimbau dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengurangi sampah saat lebaran Idul Adha,” kata Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati, Kamis (16/7/20).

Ety menjelaskan, banyak alternatif lain untuk menggantikan plastik sebagai wadah daging. Panitia kurban bisa menggunakan besek yang berbahan dasar bambu, daun kelapa, daun jati dan lain-lain.

“Untuk membungkus daging kurban, diharapkan panitia menyiapkan wadah makanan yang mudah terurai. Seperti besek bambu, besek daun kelapa, besek daun pandan, daun jati, daun pisang dan masih banyak lagi,” terangnya.

Ety menyebut, jika imbauan ini dilakukan secara serentak oleh masyarakat di Kota Depok, maka bisa mengurangi sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

“Marilah lakukan hal kecil untuk sebuah perubahan yang besar. Mudah-mudahan seluruh warga Depok bisa menjalani imbauan ini saat Iduladha dan dalam setiap kesempatan lainnya,” pungkasnya.(mia)