DLHK Depok Ajak Pihak Pengembang Perumahan dan Apartemen Berpartisipasi Urus Sampah

DepokNews- Pihak swasta seperti pengembang perumahan dan apartemen diminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk sama-sama membantu menuntaskan persoalan sampah di Kota Depok.

Kepala DLHK, Eti Suryhati mengungkapkan perlu ada kerja sama
semua pihak untuk mengurus masalah sampah di Kota Depok. Untuk itulah dirinya mengajak pihak swasta agar mencegah penumpukan sampah yang tidak terkontrol.

“Kami menawarkan diri untuk melakukan pengangkutan sampah untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung. Karena biasanyan pihak swasta tidak memiliki TPA dan akhirnya menimbulkan masalah baru,” ujar Ety saat dikonfirmasi. Jumat (11 /10/2019).

Selain mengajak pihak swasta berpartisipasi, DLHK juga terus melakukan sosialisasi kepada warga perumahan terkait pemilahan sampah. Bahkan, DLHK akan membentuk bank sampah yang nantinya bisa mengelola sampah tersebut.

“Ini bisa menjadi salah satu solusi kami dalam mengatasi permasalahan sampah. Kami juga memiliki 32 Unit Pengelolaan Sampah (UPS) yang siap menerima sampah organik untuk dijadikan pupuk. Dalam satu hari, kami bisa mengelola 120 ton sampah organik,” ucapnya.

Dirinya berharap, melalui kerja sama ini bisa menciptakan Depok bebas sampah sesuai program unggulan Kota Depok yaitu, Zero Waste City.

“Jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) dan armada kita memang terbatas, tetapi kami sanggup untuk melakukan pengambilan sampah demi Depok bebas sampah,” tutupnya.