DKUP Berencana Akan Buat Buku UMKM Depok

Posted on

DepokNews- Dinas Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) berencana untuk membuat sebuah buku yang berisikan profil dan produk UMKM. Nantinya buku tersebut akan disebar dan dititipkan ke hotel, apartement atau perusahaan swasta yang ada di kota Depok.

“Diharapkan dengan adanya buku ini akan mempermudah masyarakat, khususnya bagi masyarakat kota lain yang sedang berkunjung atau menginap di Depok untuk membeli produk khas kota kita,” jelas Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro DKUM Kota Depok, Rina Fitriani.

Dirinya mengatakan bahwa cara ini merupakan salah satu bentuk solusi terhadap kendala yang dialami oleh para pelaku UMKM.  Karena menurutnya kendala yang kerapkali menghantui mereka ada dua hal, yaitu modal dan juga pasar.

“Kedua itu adalah momok utama bagi mereka, dengan adanya buku ini diharapkan pemasaran akan semakin lancar,” ujarnya.

Dipilihnya hotel untuk menjadi tujuan penyebaran buku ini juga dimaksudkan agar para tamu dari kota lain yang menginap di Kota Depok bisa dengan mudah mencari oleh-oleh kota Depok. Sebab di dalam buku profil ini nantinya akan berisi tentang profil UMKM, jenis produk berikut dengan fotonya dan alamat produk tersebnut dijual serta nomor telpon.

“Yang saya ingat ada sekitar lima gerai oleh-oleh Kota Depok yang menjual produk hasil para UMKM lokal, diantaranya Rumah Jagung di Sukmajaya, gerai oleh-oleh di Cimanggis dekat pintu tol Cijago, gerai oleh-oleh di Cilodong, di Beji dan di Pesona Rasa depan Pesona Khayangan,” tambahnya.

Dirinya menambahkan saat ini dirinya sedang meminta kepada para pelaku UMKM dan juga asosiasinya untuk bisa memberikan daftar produk dan data lainnya, karena direncanakan pada tahun ini buku tersebut akan dibuat.

“Insya Allah akan dibuat tahun ini, selain akan disebar ke pihak swasta akan disebar juga ke lingkup pemkot, barangkali jika ada kegiatan mereka bisa memesan konsumsinya di UMKM lokal. Pokoknya kami ingin membuka jalur pemasaran bagi mereka,” tutupnya.(mia)