DepokNews– UPN Veteran Jakarta bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok menyelenggarakan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan sesuai Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Entitas Mikro Kecil Menengah (EMKM) bagi pelaku Usaha Mikro Kota Depok.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin 24 Juni 2019 bertempat di Ruang Rapat Dinas Koperasi & Usaha Mikro.

Dalam sambutannya, Dr. Dianwicaksih, Ak., Ca, selaku Ketua Tim PKM UPN Veteran Jakarta mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi dan berkontribusi memecahkan masalah dalam masyarakat.

“Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kesulitan pelaku UMKM dalam menyusun Laporan Keuangan sesuai SAK EMKM,” katanya.


Sedangkan, Fitriawan selaku Kepala Dinas DKUM menyambut baik acara ini sebagai bentuk “menjalin kemitraan antara Perguruan Tinggi dan Pemerintah Kota selaku pembina pelaku usaha mikro”.

“Sudah seharusnya UMKM mengelola keuangan secara profesional & sesuai standar keuangan supaya usaha yang dirintisnya bisa terus berkembang dengan baik. Jangan dicampur-campur antara uang pribadi dg uang bisnis,” kata Fitriawan.

Adapun materi pada kegiatan tersebut meliputi:

  1. Pentingnya Laporan Keuangan sesuai standar akuntansi bagi Pelaku Usaha.
  2. Siklus akuntansi dan penyusunan Laporan Keuangan sesuai SAK EMKM.
  3. Praktek membuat pencatatan akuntansi dan menyusun Laporan Kruangan menggunakan aplikasi berbasis android.