DepokNews–Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok mendorong peserta pelatihan tata rias dan potong rambut untuk membuka lapangan pekerjaan baru atau berwirausaha. Hal ini sejalan dengan tujuan awal pelatihan tersebut yaitu membentuk pekerja yang mandiri.

“Pelatihan ini membuka peluang usaha mandiri untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Karena memang saat ini, dunia formal sedang lesu,” ujar Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas dan Bina Lembaga Pelatihan Kerja, Disnaker Kota Depok Tri Astuti, Senin (05/10/20).

Dikatakannya, dalam pelatihan ini, peserta juga diberikan materi softskill. Dengan begitu, diharapkan keterampilan yang dimiliki bisa terasah dengan baik.

“Mereka diajarkan untuk berani menerima panggilan layanan ke rumah atau home care jika suatu saat dibutuhkan. Misalnya make-up untuk acara wisuda, lamaran dan lain-lain, termasuk potong rambut,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya tidak melarang alumni peserta pelatihan ini untuk bekerja di sebuah perusahaan. Namun, sejak awal seleksi, Disnaker telah menekankan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk membentuk wirausaha baru.

“Kami tidak melarang, peserta bekerja di perusahaan. Tapi dalam pelatihan ini mereka sudah diarahkan untuk menjadi wirausaha yang mandiri. Ke depan kami akan lakukan pendampingan dan evaluasi,” tutupnya. 

sumber : https://berita.depok.go.id/pemerintahan/peserta-pelatihan-tata-rias-dan-potong-rambut-didorong-berwirausaha-4199