Kepala Disnaker Depok saat berkunjung ke salah satu perusahaan di Depok (Istimewa)

DepokNews- Upaya mencegah penularan virus khususnya virus Corona (Covid-19), dilakukan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok dengan mengimbau seluruh perusahaan agar menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kegiatan ini juga akan terus dipantau, agar berjalan efektif.

“Ini merupakan upaya bersama untuk mencegah virus masuk ke tubuh. Terlebih virus Corona. Untuk itu, kami instruksikan seluruh perusahaan, baik yang bergerak di bidang manufaktur, garment, hotel maupun lembaga kesehatan, untuk menyediakan hand sanitizer,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Manto Djorgi.

Selain itu, lanjut Manto, pihaknya juga mengimbau perusahaan menyediakan masker dan melakukan pengecekan suhu tubuh kepada karyawan maupun tamu yang berkunjung. Serta mengajak pengelola perusahaan mengkampanyekan PHBS.

“Kegiatan ini terus kita pantau, karena mereka (perusahaan) wajib melaporkan upaya apa yang sudah dilakukan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Kami sangat apresiasi bagi perusahaan yang telah melaksanakan imbauan tersebut,” terangnya.

Senada dengan itu, Kepala Bagian Umum Rumah Sakit Permata Depok, Agustin mengatakan, pihaknya telah menjalani imbauan tersebut, jauh sebelum berita virus Corona menyebar. Namun saat ini, upaya pencegahan virus dilakukan lebih intensif.

Lebih lanjut, ucapnya, pihaknya juga melakukan screening kepada  pengunjung di setiap pintu masuk. Selain itu,  bagi pengunjung yang berasal daerah terpapar atau sedang menderita batuk dan flu akan diberi masker serta diarahkan ke ruangan yang telah ditentukan. 

“Hand sanitizer juga sudah tersedia serta pamflet edukasi. Mudah-mudahan upaya ini bisa menangkal virus,” tutupnya.(mia)