DepokNews- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Depok melakukan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) dengan perusahaan. Hal tersebut dilakukan guna memaksimalkan penyerapan tenaga kerja yang berasal dari lulusan SMK.

“Hari ini kita mengadakan pertemuan tatap muka untuk pertama kali dengan 10 perusahaan yang terlibat di Forum Bursa Kerja Khusus (BKK). Alhamdulllah, mereka menyambut baik kerja sama ini, bahkan kami langsung melakukan penandatanganan MoU,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok, Manto, usai menghadiri Workshop Penguatan Forum BKK SMK Kota Depok, di SMK Setia Negara, Jumat (27/11).

Dikatakannya, terdapat beberapa poin yang tertuang dalam MoU tersebut. Di antaranya, perusahaan memberi peluang untuk pemagangan siswa SMK serta berkenan untuk merekrut tenaga kerja dari lulusan SMK.

“Poin terakhir, perusahaan juga diharapkan bisa melakukan pembinaan kepada SMK di sini. Semoga kerja sama ini bisa menurunkan angka pengangguran di Kota Depok,” ungkapnya.

Senada dengan itu, perwakilan dari Asosiasi Perusahaan Komputer Indonesia, Rudi Dermawan Mulyadi menyambut baik kerja sama tersebut. Menurutnya, MoU ini bisa menguatkan satu sama lain, baik dari lembaga pendidikan maupun dunia industri.

“Ini merupakan program pendampingan, satu sama lain saling menguatkan. Kami bisa mengambil tenaga kerja dari lulusan SMK yang berkompeten. Sedangkan dari lembaga pendidikan, lulusan mereka bisa terjamin karena berpeluang kerja di perusahaan yang sudah bekerja sama,” tutupnya.(Mia)