DepokNews–Berdasarkan arahan dari Gubernur Jawa Barat, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam memberikan sosialisasi pencegahan penyebaran Coronavirus Desease 2019 (Covid-19).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, tokoh agama dan tokoh masyarakat memiliki peran penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu, dengan melibatkan mereka, diharapkan dapat membantu pemerintah memberikan pemahaman kepada warga sehingga penyebaran virus ini bisa ditekan.

“Kami ingin tokoh agama dan toko masyarakat menjadi juru kampanye Covid-19. Diharapkan melalui mereka, informasi mengenai potensi penularan dan penyebaran virus dapat sampai ke warga,” katanya usai rapat bersama Pjs Wali Kota Depok, Rabu (07/10/20).

Dia menuturkan, pelibatan kedua unsur ini dalam pencegahan penyebaran Covid-19, dilakukan berdasarkan arahan Direktur Jenderal World Health Organization (WHO). Yaitu tentang prioritas esensial WHO dalam menangani Covid-19.

“Pekan depan kami akan berdiskusi lebih lanjut dengan Pak Gubernur Jawa Barat guna membahas keterlibatan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam menangani wabah virus ini” tuturnya.

Sidik menambahkan, agar pesan yang diberikan sampai kepada masyarakat, pihaknya akan mencari tokoh yang memiliki pengaruh besar. Tentunya tetap berkoordinasi dengan camat dan lurah setempat.

“Sebelumnya pasti mereka akan diberi pemahaman terlebih dulu terkait apa itu Covid-19 sampai bagaimana penanganan dan pencegahannya,” pungkas Sidik.