DepokNews–Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono berharap Media bukan hanya berperan menangkal hoax dalam menghadapi Pilkada Kota Depok tahun 2020 namun ikut berperan aktif memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Kita tahu fungsi media, selain memberikan informasi, hiburan, juga merupakan sebagai alat kontrol dan juga memberikan edukasi kepada masyarakat, dan tentunya di dalam pagelaran Pilkada nanti kami sangat berharap sekali media betul betul melaksanakan fungsinya semuanya ya,” kata Sidik dalam acara diskusi “Peran Jurnalis dalam Menangkal Berita Hoax dan Memberikan Pemberitaan yang Objektif di Pilkada Kota Depok” yang diselenggarakan oleh depoknews.id di JPW Caffe, Grand Depok City, Rabu (5/2/20).

Di samping itu, Sidik juga menyampaikan agar Media nantinya juga memberikan informasi yang jelas tentang para calon, supaya para calon pemilih juga bisa memiliki suatu pemahaman yang jelas.

“Jadi pemilih tidak asal milih nomor (kandidat), sehingga apa, nanti mereka semua bisa berkontribusi nanti kedepannya, karena merasa memiliki dan merasa punya tanggung jawab juga,” katanya.

Lebih lanjut, Sidik juga meminta masyarakat agar lebih jeli dalam memilah berita dan jangan langsung di share sebelum memahami isinya.

Menurut Sidik berita yang diterima belum tentu menguntungkan bagi kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jadi tidak semua berita yang kita teruskan itu bisa menguntungkan bagi NKRI, makanya ini menjadi pertimbangan, suatu berita walaupun itu memang sehati dengan kita satu pilihan dengan kita, belum tentu itu bisa menguntungkan bagi NKRI,” pungkasnya