DepokNew- Penambahan e-book menjadi salah satu prioritas Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok di tahun 2022. Rencana tersebut mengemuka dalam Forum Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja PD) Diskarpus yang dilaksanakan 23 Februari 2021.

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mengatakan, pihaknya memiliki 27 sub kegiatan, 13 kegiatan dan 5 program di tahun 2022. Dengan total anggaran seluruhnya senilai Rp 11.379.190.184.

“Program-program yang akan dilakukan seputar peningkatan gemar dan minat baca. Serta penataan arsip di Kota Depok,” tuturnya, Kamis (25/02/21).

Siti menjelaskan, di masa pademi Covid-19, pelayanan perpustakaan umum dan perpustakaan keliling kurang maksimal. Untuk itu, pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan perpustakaan melalui e-Perpus Kota Depok.

“Maka pengadaan e-book akan lebih diprioritaskan tahun depan,” katanya.

Lanjut dia, pihaknya akan menambah koleksi e-book sekitar 50 judul buku lagi. Dengan, tiga kategori unggulan.

“Kategori novel, ilmu pengetahuan dan agama menjadi yang paling banyak penambahannya,” ujarnya.

Siti berharap, dengan upaya yang dilakukan tersebut, gemar dan minat baca di Kota Depok dapat terus meningkat di masa pandemi Covid-19. Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengoptimalkan e-Perpus Kota Depok.

“Masyarakat bisa mengunjungi Perpustakaan Umum Kota Depok dengan sistem close access. Atau dapat juga mengoptimalkan aplikasi e-Perpus Kota Depok,” pungkasnya.