DepokNews- Sejarah merupakan salah satu faktor penting dalam membentuk karakter anak. Atas dasar tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar Pembinaan Nilai-nilai Geografis Sejarah Kota Depok bagi pelajar SMP dan MTs se-Kota Depok.

Kepala Dinas Kearsiapan dan Perpustakaan (Diskarpus), Siti Chaerijah, menjelaskan sejarah singkat Kota Depok dari segi kearsipan. Selain itu, juga dipaparkan alasan Belimbing menjadi ikon Kota Depok.

“Anak-anak sangat antusias menyimak penjelasan yang saya sampaikan,” ucapnya usai kegiatan di Aula Wisma Hijau, Kecamatan Cimanggis, belum lama ini.

Dikatakannya, dulu terdapat banyak kebun buah Belimbing di daerah Cimanggis. Hal tersebut menjadi salah satu yang mendasari Belimbing menjadi ikon Kota Depok.

Siti menambahkan, masih banyak kepingan sejarah Kota Depok yang perlu ditelusuri. Tujuannya, agar anak muda dapat mengenal sejarah Kota Depok baik dari arsip foto dan juga berdasarkan tempat-tempat sejarah di lingkungannya. 

“Seperti Jembatan Panus, Rumah Cimanggis dan Gereja Immanuel merupakan beberapa bagunan bersejarah Kota Depok. Semoga dengan mengenal sejarah kotanya, anak-anak menjadi lebih bangga terhadap Kota Depok,” tandasnya.(mia)