DepokNews- Pemeriksaan rampcheck kelaikan kendaraan kembali dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, terhadap ratusan bus yang akan beroperasi selama libur Natal dan tahun baru di Terminal Jatijajar.

Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, Rampcheck sudah dilakukan sebanyak dua kali meliputi pemeriksaan kelengkapan dokumen serta kelayakan kendaraan.

Pemeriksaan pertama mulai 25 November hingga 6 Desember sedangkan pemeriksaan kedua pada 20 Desember 2019. Pada pemeriksaan pertama, dari 242 bus yang diperiksa, terdapat 191 bus belum memenuhi syarat.

“Seperti, tidak dilengkapi sabuk pengamanan, Alat Pemadam Api Ringan (APAR ), lampu sein, lampu mundur, wiper bus, serta kartu pengawasan yang belum diperbaharui,” kata Dadang.

Sedangkan pada pemeriksaan kedua, kata Dadang, dari total 14 bus yang diperiksa terdapat 3 bus yang dinyatakan memenuhi syarat. Sementara sisanya diingatkan agar segera melangkapinya sehingga tidak berpengaruh terhadap keselamatan perjalanan.

“Selain itu, dibarengi juga dengan pemeriksaan kesehatan para supir bus yang terdiri dari tes urine dan tekanan darah,” jelasnya.

Dirinya juga memastikan ketersediaan bus di Kota Depok cukup untuk melayani penumpang selama libur Natal dan tahun baru. Meskipun terjadi lonjakan dari biasanya.

“Ada lonjakan penumpang sekitar 40 persen. Tapi ketersediaan bus sangat cukup,” tandasnya.(mia)