DepokNews–Organisasi Forum Lalu Lintas (Lalin) berencana akan diubah menjadi Dewan Transportasi seperti di DKI Jakarta. Rencana tersebut disampaikan langsung Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Dadang Wihana.


Menurut Dadang rencana tersebut supaya sistem keorganisasiannya berjalan maksimal dan dalam waktu dekat Forum Lalin Depok akan berkunjung ke DTK Jakarta untuk mempelajari tentang organisasi baru tersebut.

“Arahan Pak Wali Kota untuk meningkatkan Forum Lalin menjadi DTK, kami dorong minimal bulan ini terbentuk Peraturan Wali Kota (Perwal)-nya,” ujar Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana belum lama ini.


Dadang menuturkan, Forum Lalin merupakan lembaga independen sebagai forum konsultasi dan koordinasi antara masyarakat dan pemerintah daerah. Di dalamnya terdiri dari unsur pemerintah, akademisi, pakar, dan masyarakat yang membidangi urusan transportasi.


Dalam forum ini, lanjut Dadang, membahas terkait segala persoalan di bidang transportasi. Selain itu juga sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat, serta memberikan bahan pertimbangan terhadap penyusunan kebijakan daerah.


“Apabila sudah beralih menjadi DTK akan lebih intens membahas masalah aktual yang terjadi di bidang transportasi khususnya Kota Depok,” tandasnya