Kadisdik Kota Depok, Mohammad Thamrin (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)
DepokNews- Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohammad Thamrin mengatakan kompetensi guru harus digalakkan. Kompetensi tersebut meliputi pengelolaan dokumen  perencanaan sekolah.
“Jadi perencanaan ini dibuat oleh masing-masing sekolah. Ada dokumen empat tahunan RKJM jangka menengahnya. Ada yang rancangan kegiatan tahunan (RKT)atau tahunannya. Kompetensi ini sudah dilakukan di wilayah Beji,” kata Thamrin.
Ia menambahkan jika perencanaan tersebut sebelumnya sudah ada namun dilakukan lagi agar lebih maksimal. Pihaknya juga ingin melihat karakter kepala sekolah dan kemampuan mereka memimpin.
“Kita juga lihat pengelolaan keuangan. Karena 2019 sekolah sudah punya DPA sendiri  berbasis kinerja. Kemudian juga di akhir tahun kami sudah membiasakan melakukan penilaian kinerja kepala sekolah. Ini sudah dilakukan sejak 2016 lalu,” paparnya.
Dirinya menjelaskan hal itu dilakukan sebagai motivasi kepada kepala sekolah untuk maksimal dalam bekerja. Jangan ada kepala sekolah yang bekerja tanpa bukti apa-apa.
“Jika nilainya tidak meningkat tiap tahun, tidak perlu menunggu empat tahun, satu tahun saja bisa kami turunkan kembali menjadi guru,” tandasnya.(mia)