Kadisdik Kota Depok, Mohammad Thamrin (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)
DepokNews- Penguatan pendidikan karakter terhadap siswa harus menjadi fondasi dan ruh utama dalam setiap tingkat pelaksanaan pendidikan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin.
“Tujuan pelaksaan pendidikan pada dasarnya merupakan pembinaan budi pekerti, karakter, atau akhlak ini yang utama,” ujarnya, Rabu (20/12).
Thamrin juga mengungkapkan, pada dasarnya output dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ialah lebih menekankan kepada penguatan pembiasaan positif pada anak, seperti bagi yg beragama Islam menghafal surat pendek yang ada dalam juz 30 Alquran, atau pun doa-doa harian. Pembiasaan inilah yang diutamakan sehingga dapat menguatkan keimanan dan karakter siswa.
“Tentunya hal ini memerlukan peran penting dari para guru untuk dapat mengajarkan dan melakukan pembiasaan pada anak didik di sekolah,” jelasnya.
Dirinya kembali menuturkan, pada dasarnya kunci kesuksesan pendidikan karakter terletak pada peran guru. Sehingga guru idealnya memiliki kedekatan dengan anak didiknya. Untuk itu, ia berharap guru hendaknya akrab dengan anak didiknya sehingga dapat mengetahui perkembangan anak didiknya.
“Tidak hanya mengutamakan dimensi intelektualitas saja, namun juga kepribadian setiap anak didiknya,” tutupnya.(mia)