Disdik Depok Sukses Gelar UNBK

Posted on

DepokNews — Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP dan sederajat di Kota Depok telah berlangsung. Meski tahun ini merupakan tahun perdana menggunakan sistem komputer, namun Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mampu menyelenggarakan agenda besar tersebut dengan sukses hingga hari terakhir, seperti  dilansir depok.go.id

Selama proses ujian tidak ada kendala besar yang dialami setiap sekolah baik dari internet maupun listrik. Kesuksesan itu tak lain berkat berbagai persiapan dan antisipasi yang dilakukan Disdik Kota Depok sejak jauh-jauh hari.

Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin menuturkan, hingga hari terakhir pelaksanaan UNBK di seluruh sekolah di Kota Depok berjalan dengan lancar. Untuk gangguan, kata Thamrin, biasanya kerap terjadi pada sesi ketiga pelaksanaan karena ada gangguan hujan dan petir.

“Berdasarkan laporan dari sekolah semuanya aman, kendala hanya di cuaca, tetapi dapat diatasi dengan cepat,” ungkapnya usai melakukan pemantauan di SMPN 3 Depok, Senin (08/05/2017).

Lebih lanjut, Mohammad Thamrin menjelaskan, antisipasi terkait cuaca dan kendala lainnya telah dilakukan jauh sebelum pelaksanaan UNBK berlangsung. Pihaknya telah menyediakan genset untuk menambah daya listrik di masing-masing sekolah, mengingat adanya penambahan listrik dari komputer yang digunakan untuk pelaksanaan ujian.

Selain itu, Disdik Kota Depok juga menyediakan server cadangan di masing-masing  kelas minimal tiga unit. Dengan begitu, saat server sedang mengalami gangguan, dapat langsung diganti dengan server cadangan yang telah disediakan.

“Alhamdulillah semua kendala dapat teratasi, Depok telah berhasil menjalankan UNBK. Semoga hasil ujian siswa juga memuaskan,” harapnya.