DepokNews–Sekitar 1.005 personel Satuan Tugas Relawan Kebakaran (Satlakar) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok siap untuk membantu mengantisipasi potensi kebakaran di lingkungan masyarakat.

Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana kepada wartawan mengatakan satuan relawan ini harus memahami tugas pokoknya yaitu memberikan informasi secara jelas kejadian kebakaran di masyarakat ke Damkar.

Selain itu, mereka juga memberikan pemahaman dan penyadaran kepada masyarakat terkait bahaya kebakaran di lingkungannya.

Pasalnya, anggota Satlakar juga ikut berperan melakukan penanggulangan dan pencegahan kebakaran di Kota Depok dan sekitarnya.

Dirinya menjelaskan, saat ini personel Satlakar tidak hanya ditempatkan 11 kecamatan dan enam pasar di Kota Depok. Namun, tersebar juga di 63 kelurahan.

“Satlakar ini sudah terbentuk sejak tahun 2010. Dari awalnya Satlakar hanya di tempatkan di kecamatan dan enam pasar di Kota Depok. Namun sekarang sudah kita siagakan juga di tingkat kelurahan. Sebanyak 15 personel di setiap kelurahan,” katanya saat menghadiri apel siaga satlakar Disdamkar Kota Depok pada Selasa (18/12).

Gandara menambahkan, ke depan Satlakar juga akan dilibatkan dalam penanggulangan bencana.

Pasalnya, di tahun 2019, tugas dan fungsi (tupoksi) Damkar akan digabungkan dengan penanggulangan bencana.

“Untuk itu, kita harapkan ada peran serta dari masyarakat melalui Satlakar, sehingga penanggulangan bencana di Kota Depok semakin mudah”katanya

Dia juga akan memfasilitasi para personel Satlakar baik dari perlengkapan maupun pelatihan.

Hal ini sebagai upaya meningkatkan pemahaman para anggota Satlakar terkait penanggulangan bencana di lingkungannya masing-masing.Area lampiran