Kabid Sarana dan Bina Pasar Disdagin Kota Depok Dadang Supriatna . (Foto : Jose/Diskominfo)

Disdagin Depok Sediakan 200 Kios Untuk UMKM

Posted on

DepokNews — Dalam mendukung perkembangan usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok, Pemerintah Kota Depok (Pemkot) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) berencana akan menyediakan 200 kios bagi para pelaku usaha UMKM. Pengadaan kios tersebut direncanakan akan dimulai bulan Oktober 2017 dengan melibatkan pasar modern, seperti dilansir depok.go.id

Kepala Bidang Sarana dan Bina Pasar Disdagin Kota Depok, Dadang Supriatna mengatakan, pengadaan 200 kios tersebut akan bekerja sama dengan 10 pasar modern yang di Kota Depok. Kerja sama tersebut, akan diawali dengan penandatanganan MoU terlebih dahulu antara Pemkot Depok dan pihak pasar modern.

“Saat ini kita hanya menunggu pengesahan Anggaran Belanja Tambahan (ABT) oleh Wali Kota Depok, kalau sudah selesai pengesahan akan langsung kita kerjakan,” ujarnya, Rabu (27/09/17).

Dirinya menambahkan pengadaan 200 kios tersebut merupakan realisasi dari program 1000 kios yang dicanangkan oleh Pemkot Depok. Pengadaan kios tersebut juga bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok.

“Jadi, Disdaging hanya menangani terkait desain, pembangunan kios, serta pembuatan surat MoU antara Pemkot Depok dengan pasar modern. Sementara untuk teknis terkait dengan berapa UMKM yang akan ditempatkan di setiap kios, itu DKUM yang menentukan,” jelasnya.

Dikatakannya program 1000 kios tersebut akan dikerjakan secara bertahap. Tahun 2017 sebanyak 200 kios yang disediakan, sedangkan tahun 2018 akan ada 400 kios, dan tahun 2019 rencananya akan ada penambahan 400 kios.

“Kita harapkan dengan adanya program 1000 kios ini, nantinya mampu mendongkrak pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Kota Depok,” tutupnya.