Disdagin Depok Buka Akses IKM Berjualan di Mal

Posted on

DepokNews — Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok rencananya akan memfasilitasi Industri Kecil Menengah (IKM) untuk memperkenalkan produk mereka ke sejumlah mal di Kota Depok. Melalui kegiatan Safari IKM, pelaku usaha bisa memajang barangnya di mal, sehingga pemasarannya menjadi lebih luas lagi, seperti dilansir depok.go.id

“Ada 12 mal di Kota Depok yang siap bekerjasama dengan kami. Nantinya IKM bisa berdagang di lokasi tersebut, bisa di luar maupun di dalam mal. Itu bagaimana teknis nanti. Saat ini masih kita fasilitasi dengan mengenalkan produk IKM tersebut, salah satunya dengan Festival Kuliner Depok di Ace Hardware 13-14 Mei mendatang,” ujar Kepala Disdagin, Achmad Kafrawi, di ruang kerjanya, Selasa (09/05/17).

Dikatakannya, produk IKM yang dipromosikan tidak harus berbentuk penganan, tetapi bisa juga berupa kerajinan, pakaian, dan sebagainya. Nantinya, para IKM dituntut sekreatif mungkin untuk membuat tema pada Safari IKM, agar menarik para konsumen untuk mengunjungi stan IKM.

“Saat ini masih kita bantu, tapi nanti ke depan Disdagin hanya buka pintu di malnya saja dan memantau. Masalah pemasaran, omzet dan lain-lain biar itu menjadi urusan pelaku IKM, tujuannya supaya mereka mandiri,” tambahnya.

Dikatakannya, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengangkat serta memperkenalkan produk IKM khas Depok kepada toko maupun pusat perbelanjaan modern. Namun, untuk waktu pelaksanaan, saat ini Disdagin masih dalam tahap koordinasi dengan mal dan pelaku IKM. Sebab, butuh persiapan matang, agar kedua belah pihak sama-sama siap dalam kerjasama yang saling menguntungkan tersebut.

“Mudah-mudahan dengan langkah ini, para IKM bisa menciptakan peluang-peluang usaha secara mandiri dan tidak lagi bergantung pada bantuan pemerintah,” kata Kafrawi.

Untuk diketahui, saat ini IKM yang ada di Kota Depok jumlahnya ribuan. Namun, yang terdaftar dan aktif jumlahnya hanya sekitar 700-an. Dengan menggandeng mal modern, akses IKM menjadi lebih luas lagi dalam memasarkan produknya, sehingga turut meningkatkan perekonomian di Kota Depok.