Dirut PDAM Tirta Asasta Depok dan  Pejabat Kobe Jepang Bicarakan Sitem Pengambilan Air Baku yang Handal

DepokNews — Departemen Ekonomi dan Pariwisata Kota Kobe Jepang melakukan kunjungan ke Pemkot Depok terkait dengan kerjasama Pemerintah Depok dengan Pemerintah Kota Kobe Jepang, Rabu (17/5/2017).

Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh Direktur Utama PDAM Tirta Asasta M. Olik Abdul Holik, untuk meningkatkan kehandalan Sistem Penyediaan Air minum.

“Salah satu program yang  kami diusulkan adalah peningkatan kehandalan pada sistem pengambilan air baku ( intake ) Instalasi Pengolahan Air Legong di Sungai Ciliwung Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Sukmajaya.  Kita ingin ada alat yang bekerja otomatis menghalau lumpur dan kotoran lainnya yang menyumbat aliran air baku, ,” kata M. Olik.

Menurut M. Olik, saat ini PDAM Depok  terkendala sering tersumbatnya pompa oleh lumpur dan kotoran lainnya terutama pada saat debit air sungai Ciliwung besar atau Banjir akibatnya operasional produksi air terpaksa dihentikan.

“Apabila usulan ini disetujui maka salah satu kendala atau hambatan operasional pada musim hujan akan teratasi,” jelas M. Olik.

Hal lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah terkait dengan program-program dalam rangka pencapaian visi kualitas air siap minum pada tahun 2025 termasuk didalamnya capacity building dalam bidang informasi teknologi.