Kadinkes Depok Novarita (Istimewa)

DepokNews – Beberapa waktu lalu Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah merilis 615 Rumah Sakit di Indonesia mengalami penurunan tipe dari C ke D. Dari 165 Rumah Sakit tersebut ada lima Rumah Sakit di Kota Depok yang turun dari C Ke D.

Lima Rumah Sakit tersebut antara lain RS Citra Arrafiq, RS Bunda Aliyah, RS Tumbuh Kembang, RS Jantung Diagram dan RS Setia Bakti.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan kondisi lima rumah sakit yang sempat turun dari C Ke D sudah kembali dalam posisi yang sebelumnya.

“Sudah kembali seperti semula,”pungkasnya saat dikonfirmasi. Kamis (18/9/2019).

Novarita tidak menerangkan dengan jelas apakah naiknya kembali peringkat lima rumah sakit tersebut akibat kesalahan penilai dari Kementerian Kesehatan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengakui, lima Rumah Sakit tersebut mengalami penurunan tipe dari C ke D. “Itu memang rilis langsung dari Kemenkes bahwa dari 615 seluruh Indonesia. Namun ada 5 Rumah Sakit di Kota Depok yang turun kelas dari C ke D,” ujarnya.

Dijelaskan Novarita, penurunan kelas tersebut disebabkan adanya penilaian Kemenkes terkait sarana prasarana dan sumber daya manusia di Rumah Sakit tersebut.

“Penilaiannya secara online melalui input data yang dilakukan masing-masing Rumah sakit. Jadi Kemenkes mereview seluruh Rumah Sakit di Kota Depok terkait sarana dan SDM,” ujarnya.

Ketika ditanya penyebab pelayan rumah sakit turun tipe dikarenakan pelayanan dan SDM yang tidak maksimal, Novarita menyarankan agar ditanyakan langsung ke Kemenkes.” Harus ditanyakan ke tim review nya, kriteria apa yang digunakan,” ujarnya