DepokNews–Untuk mewujudkan Depok Kota bersih dan sehat, Pemerintah Kota Depok mengajak seluruh elemen masayarakat untuk peduli terhadap kebersihan dan kesehatan diri dan lingkungan masing-masing, salah satunya kalangan dunia usaha.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar Workshop Penguatan Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan Kalangan Usaha. Acara tersebut berlangsung di Auditorium Rumah Sakit Bunda Aliyah, Jalan Kartini Depok, Rabu (28/11/2018).

Workshop Penguatan Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini diikuti ratusan perwakilan dari berbagai bidang dunia usaha yang ada di Kota Depok. Kegiatan ini menghadirkan dua nara sumber yaitu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok drg. Novarita dan Direktorat Promosi dan Pemberdayaan mMsyarakat Kemenkes RI, Sakri Sab’atmaja, SKM, M.Si.

Dalam paparannya, Sakri Sab’atmaja menjelaskan secara panjang lebar pentingnya masyarakat menjaga pola hidup sehat, menjaga kebersihan dan kesehatan untuk menghindari timbulnya penyakit yang tidak menular yang gejalanya sulit terdeteksi namun sangat berbahaya.

“Supaya badan kita tetap sehat lakukan pola makan yang baik, banyak makan sayur dan buah, olah raga secara teratur, hindari alkohol dan rokok dan yang tidak kalah penting menjaga kebersihan lingkungan,” kata Sakri Sab’atmaja.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, drg. Novarita mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memberikan semangat guna meningkatkan kesehatan masyarakat Depok.

“Salah satu program Germas yaitu masyarakat harus rutin melakukan aktivitas fisik salah satunya dengan berolahraga,” tuturnya.

Dikatakannya, dengan tubuh yang sehat dan bugar masyarakat dapat lebih produktif dalam menjalankan aktivitas.

Novarita juga berpesan ke masyarakat di Depok untuk mulai membiasakan hidup sehat. Salah satunya dengan melakukan olahraga secara rutin. Selanjutnya, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

“Dengan olahraga dan makan makanan yang seimbang, serta diiringi dengan kebersihan lingkungan, tingkat kesehatan masyarakat akan lebih baik,” pungkasnya.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama antara Dinas Kesehatan Kota Depok dengan kalangan dunia usaha untuk bersenergi dalam mengimplementasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.