Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita. (Foto: JD01/Diskominfo)

DepokNews – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengajak seluruh lintas sektor untuk terlibat dalam peningkatan derajat kesehatan. Peran dari berbagai lintas sektor tersebut untuk berkontribusi memberikan masukan dalam proses penyusunan dokumen perencanaan tujuan pembangunan dalam urusan kesehatan.

“Dalam mewujudkan peningkatan derajat kesehatan perlu sinergisitas baik dari unsur pemerintah maupun non pemerintah agar dapat saling melengkapi dalam penyusunan program kesehatan di tahun 2021-2026,” tutur Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita saat memberikan arahan pada acara Forum Rencana Strategis (Renstra) tahun 2021-2026 secara virtual, Jumat (30/04/21).

Menurut Novarita, kontribusi lintas sektor di antaranya dari perangkat daerah terkait, camat, TP-PKK, akademisi, organisasi profesi kesehatan, organisasi masyarakat, rumah sakit dan puskesmas, serta para tokoh agama. Selain itu juga tokoh masyarakat dan pihak lain yang memiliki peran besar dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat.

Dikatakannya, peran lintas sektor ini dapat berpengaruh besar dalam proses penyusunan dokumen. Dengan begitu, nantinya dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien.

“Sinergisitas dan kolaborasi dari seluruh stakeholder terkait sangat dibutuhkan. Agar dokumen Renstra dapat bersifat komprehensif dan terintegritas sejak dari perencanaan hingga pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi,” tandasnya. 

Sumber : depok.go.id