DepokNews- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok siap menerima pemberian vaksin Covid-19 dari Pemerintah Pusat. Vaksin tersebut nantinya akan diberikan secara gratis kepada masyarakat Kota Depok.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, hingga kini pihaknya masih menunggu petunjuk lanjutan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Baik terkait jadwal, prosedur, hingga jumlah vaksin yang akan diberikan.

“Kami masih menunggu surat resmi dari Pemerintah Pusat untuk tindak lanjut pemberian vaksin Covid-19,” katanya, Minggu (20/12).

Walaupun masih menunggu, ujar Novarita, pihaknya sudah menyiapkan kebijakan pemberian vaksin yaitu diprioritaskan bagi usia 18-59 tahun. Total vaksin yang diberikan 60 persen dari jumlah penduduk di Kota Depok.

Dikatakannya, untuk masyarakat yang berusia di bawah 18 tahun atau di atas 59 tahun, jika ingin mendapatkan vaksin harus menggunakan surat rekomendasi dari tenaga kesehatan. Sebab, lanjutnya, vaksin yang kini sedang dikembangkan adalah untuk kelompok dewasa. 

“Vaksin ini dikhususkan untuk kelompok usia dewasa dan efektif menangkal virus Covid-19,” tambahnya.

Kemudian, sambung Novarita, untuk sasaran pemberian vaksin akan diprioritaskan bagi tenaga fasilitas pelayanan kesehatan baik di pemerintahan maupun swasta. Lalu, untuk Kepolisian Resort Kota Depok dan Mako Brimob, TNI, serta penegak hukum.

Vaksin Covid-19 juga akan diberikan kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok. Selain itu diprioritaskan kepada pegawai kecamatan dan kelurahan se-Kota Depok. (Mia)