Kadinkes Depok Novarita (Istimewa)

DepokNews- Pelayanan Obstetri Neonatus Essensial Dasar (PONED) telah diberikan di setiap wilayah. Hal ini sebagai bentuk peningkatan kesehatan masyarakat yang diberikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, setiap tahunnya jumlah Puskesmas yang mampu PONED di Kota Depok terus bertambah. Tahun ini, pelayanan PONED bertambah di Puskesmas Cilodong dan Puskesmas Ratujaya, dan totalnya telah ada 10 puskesmas yang memberikan pelayanan tersebut.

“Hingga tahun 2019, kami memiliki 10 Puskesmas mampu PONED yang dapat membantu ibu hamil untuk persalinan,” kata Novarita.

Lebih lanjut, ucapnya, di tahun 2017 dan 2018 terdapat delapan Puskesmas yang sudah memberikan pelayanan PONED. Selanjutnya, sambung Novarita, di 2019 bertambah dua menjadi 10 Puskesmas yang sudah memberikan pelayanan tersebut.

Terakhir, ia berharap dengan penambahan pelayanan PONED di kecamatan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan. Terutama bagi ibu hamil yang akan melahirkan di puskesmas.

“Mudah-mudahan ini memperkuat kesehatan warga Kota Depok sebab lebih mudah mengakses kesehatan pada pelayanan dasar di tiap wilayah,” tuturnya.

Untuk diketahui, sejumlah Puskesmas di Depok yang telah dilengkap PONED antara lain, Puskesmas Pancoran Mas, Puskesmas Beji, Puskesmas Sukmajaya, Puskesmas Cimanggis, Puskesmas Tapos, Puskesmas Kedaung, Puskesmas Cinere, serta Puskesmas Bojongsari. Selanjutnya juga terdapat di Puskesmas Cilodong dan Puskesmas Ratu Jaya.(mia)