Kepala Dinkes Kota Depok Novarita. (Foto : Diskominfo)

DepokNews– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok sudah melakukan investigasi dan melakukan pemeriksaan anal swab dengan mengambil sampel siswa di empat sekolah dasar.

Hal tersebut dilakukan menyusul adanya laporan siswa yang mengalami gejala demam, lemas dan kuning pada tubuh yang diduga indikasi Hepatitis A.Menurut Kepala Dinkes Kota Depok Novarita, pihaknya melalui Puskesmas setempat telah melakukan kunjungan langsung sejak adanya laporan dugaan penyakit Hepatitis A di SDN Sukamaju 6 dan SDN Sukamaju 9 serta SDN Mekarjaya 30 dan SDN Mekarjaya 12. Lewat laporan tersebut, Dinkes melakukan uji laboratorium sampel cairan yang diambil dari dubur pada siswa, serta pedagang makanan di sekitar sekolah.

“Pihak siswa melakukan laporan ke sekolah atas kasus ini. Selanjutnya, Dinkes tindak lanjuti dan segera kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tuturnya kepada depok.go.id saat ditemui di ruang kerja, belum lama ini.Dikatakan Novarita, sambil menunggu hasil pemeriksaan, pihaknya telah memberikan arahan kepada pihak sekolah untuk mengajak siswa tidak membeli makanan sembarangan.

Selain itu, Dinkes juga memberikan edukasi kepada siswa, guru, orangtua untuk melakukan pencegahan dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah.“Kami terus sosialisasikan agar pihak sekolah dan siswa mulai menerapkan hidup bersih dan sehat serta rutin mencuci tangan usai melakukan aktivitas,” katanya.

Dirinya menambahkan, Hepatitis A termasuk penyakit self limiting disease yang bisa disembuhnya dengan daya tahan tubuh manusia. Dalam pemulihannya membutuhkan obat yang bersifat suportif dan hanya meredam gelaja yang dirasakan pasien. Misalnya gejala yang dirasakan demam maka dibutuhkan obat penurun demam, sebaliknya jika merasakan mual maka membutuhkan obat mual.“Untuk obat-obat yang dibutuhkan penderita Hepatitis A tersedia di pelayanan kesehatan dasar (puskesmas) di setiap wilayah,” pungkasnya.