Dinkes Depok Beri Penyuluhan Kesehatan di SDI Pondok Duta Cimanggis

Posted on 1,426 views

DepokNews- Idealnya jarak septic tank dengan saluran air adalah 10 meter, jika berdekatan maka akan menimbulkan penyakit seperti diare. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita.

 
“Idealnya memang 10 meter, yang terjadi di SDIT Pondok Duta adalah tujuh meter,” kata Novarita, Jumat (19/10/2018).
 
Novarita mengatakan, hal ini mungkin karenakan ketidaktahuan sekolah tersebut, atau menambahnya jumlah siswa dan berkembangnya sekolah, sehingga harus membuat sumber air baru. Namun harus tetap diutamakan segi kesehatan dan ideal dari jarak saluran septic tank dengan sumber air.

“Kami beri informasi dan tentu penyuluhan kepada pihak sekolah,” ucapnya.
Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sudah diberikan Dinkes Depok kelada guru, serta orangtua siswa di SDIT Pondok Duta, Cimanggis.
 
“Cuci tangan pakai sabun sebelum makan, sudah kami terangkan. Bukan saat ada kejadian saja, tapi berkala kesemua sekolah,” tuturnya.

 
Novarita melanjutkan, dampam dari dikonsumsinya air tidak bersih adalah diare. Proses penyembuham dapat dilakukan dengan minum obat diare, dan asupan yang benar. Namun jika ada siswa yang sampai dirawat di Rumah Sakit, Nova mengatakan kemungkinan imun tubuh siswa sedang tidak fit. Sehingga menyebabkan diare berkepanjangan, buang-buang air menyebabkan cairan berkurang ini yang harus diwaspadai.
“Imun tubuh seseorang berbeda, karena itu harus memperhatikan asupan gizi dan makanannya. Untuk siswa SDIT Pondok Duta sendiri sudah ditangani bagi yang melakukan pemeriksaan di puskesmas,” tutupnya.(mia)