Dinas PUPR Turun Tangan Langsung Hadapi Banjir di Taman Duta

Posted on

DepokNews – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Manto Jorgi mengatakan penanganan banjir yang terjadi di Taman Duta sudah dilakukan.

Manto menjabarkan, jika Taman Duta itu memang kondisi wilayah tanahnya ada cekungan dan Kali Laya diatas nya. Kemudian di Kali Laya hampir setiap harinya ditemukan sampah. Tiap hari petugas angkut sampah yang menyumbat air di Kali Laya itu.

“Sampah yang menyumbat membuat air luber dari Kali Laya ke Taman Duta,” ujarnya saat perayaan satu tahun pemerintahan Idris-Pradi, di Balkot Depok, Jumat (17/2/2017).

Ke depan pihaknya juga kerjasama dengan pihak jalan tol Cijago untuk membuat sodetan. Dari setu pengarengan dibuat sodetan ke Kali Sugutamu. Diharapkan debit air yang lari ke Kali Laya yang melewati Pondok Duta akan berkurang.

“Mudah-mudahan tahun ini jalan tol selesai sehingga sodetan dari setu Pengarengan lari ke Sugutamu dan bermuara ke Kali Ciliwung. Air kan mengalir ke tempat yang lebih rendah,” terangnya.

Pihaknya berharap proyek tol cijago dapat segera selesai. “Karena  kami tergantung juga proyek yang lain yaitu jalan tol Cijago. Kalau itu selesai maka sodetan sepanjang 1,5 km itu juga bisa difungsikan,” terangnya.

Dia meminta kepada warga agar turut menjaga lingkungan. “Salah satu penyebab banjir adalah sampah. Sampah banyak sekali ditemukan di kali.  Sampah yang ada di pasar Pal juga banyak hambat Jalan nya air,” tutupnya.(mia)