DepokNews–Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok akan segera memperbaiki turap Kali Cabang Tengah di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji yang mengalami longsor.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Manto kepada wartawan mengatakan pihaknya langsung turun ke lokasi untuk melihat kondisi di lapangan.

“Tim kami sudah turun ke lokasi turap longsor dan menurunkan anggota Satgas Banjir untuk melakukan perbaikan terhadap turap tersebut”katanya.

Dia mengatakan turap yang longsor diduga disebabkan adanya air yang masuk ke pori-pori turap sehingga menyebabkan turap terkikis lalu longsor yang cukup besar.

Air yang masuk ke turap mengakibatkan terkikisnya turap tersebut dan bagian turap bagian bawah keropos sehingga tidak ada lagi penopang yanh mengakibatkan turap tersebut longsor.

Untuk penanganan sementara pihaknya membersihkan bongkahan turap yang longsor dan dilanjutkan dengan pemasangan bronjong.

Dilihat dari kondisi struktur di lapangan pemasangan bronjong tidak bisa dilakukan dan yang akan dilakukan pemasangan turap baru dengan menggunakan Biaya Tidak Terduga sekitar Rp 200 juta.

“Kami ajukan dulu kepada Sekretaris Daerah untuk perbaikan turap yang longsor jika di setujui maka segera dilakukan perbaikan”katanya.

Pihaknya juga akan berupaya memperbaiki turap yang ada di bagian timur karena kondisinya juga sudah terlihat rapuh yang bisa mengakibatkan longsor turap tersebut.