DepokNews — Sebanyak 8.036 mahasiswa jenjang vokasi, sarjana, dan pascasarjana telah melaksanakan wisuda virtual semester genap tahun akademik 2020/2021, pada Jumat (17/9) dan Sabtu (18/9).

Hari ini telah diselenggarakan Wisuda Virtual untuk Program Sarjana (Kelas Reguler, Kelas Paralel, Kelas Internasional, Kelas Ekstensi) dan Program Pendidikan Vokasi, dipimpin oleh Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D.

Pada upacara wisuda hari kedua, 18 September 2021, UI melepas 737 lulusan program pendidikan vokasi, 3.022 orang merupakan lulusan program sarjana reguler, 244 lulusan program sarjana kelas internasional, 784 lulusan program sarjana paralel, dan 82 lulusan program sarjana ekstensi.

Pada program pendidikan Vokasi, sebanyak 423 lulusan yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude. Muhamad Elfitra Salam lulusan dari program studi Fisioterapi dan Elitania Farah Aprilia dari program studi administrasi perkantoran meraih IPK tertinggi yaitu, 3,93.

Sementara, pada program sarjana reguler, IPK tertinggi diraih oleh Andriana Kusumaningrum (program studi manajemen – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI)) dengan IPK 3,97 dan pada program S1 Ekstensi peraih IPK tertinggi adalah Velina Nurfanida (manajemen – FEB UI) yaitu, 3,74.

Pada program S1 Kelas Internasional, IPK tertinggi diraih oleh William Christopher Walujono ( program studi Teknik sipil – FT UI) dengan IPK 3,94 dan pada program S1 Paralel peraih IPK tertinggi adalah Ariq Naufal Satria (program studi ilmu komputer – Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom)) yaitu, 3.94.

Dalam pidatonya, Prof. Ari Kuncoro menyampaikan, sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, UI selalu melakukan berbagai terobosan untuk menjawab tantangan zaman.

Penggunaan e-learning dalam proses belajar mengajar terus diintensifkan. Selain itu, dikembangkan pula berbagai matakuliah guna menjawab kebutuhan di masanya, seperti pengembangan dan aplikasi teknologi digital dan pemanfaatan big data.

Rektor UI juga berpesan kepada para alumni yang akan menjadi agen perubahan dan diharapkan senantiasa menjaga nama baik almamater.

“Saudara sekalian telah berhasil menuntaskan satu tahapan dalam perjalanan pendidikan. Patut disyukuri bahwa semasa duduk di bangku kuliah, saudara-saudara dididik dan ditempa menjadi pribadi yang berintegritas, berakhlak, berintelektualitas tinggi, dan berbudi luhur. Pesan kami, di mana pun wisudawan berada nantinya, tetap menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945,” pungkasnya.