Lokasi banjir di pasir putih, Sawangan (Istimewa)

Diguyur Hujan, Depok Dilanda Banjir

Posted on 693 views

DepokNews–Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Depok, pada Kamis (9/11) siang hingga sore mengakibatkan banjir, turap jebol hingga pohon tumbang.

Banjir terjadi di beberapa wilayah Kota Depok seperti di jalan Mawar RW 03 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan dimana air Kali Pesangrahan meluap hingga merendamkan rumah warga.

Akibat adanya banjir jalan atau akses antara Kecamatan Cipayung ke Sawangan sempat tidak bisa dilintasi oleh kendaraan baik roda dua atau empat.

Hujan deras juga menyebabkab pohon ukuran besar di Jalan Raya Cipayung di dekat jembatan LO,  Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatn Cipayung, tumbang sekira pukul 14.30.

Akibatnya sebagian ruas jalan tertutup dan mengakibatkan arus lalu lintas sempat tersendat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Fahrudin, salah seorang warga menyebutkan tumbangnya pohon terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

“Jadi arus lalin agak sepi dan gak terlalu ramai. Sehingga pohon tumbang tidak menimpa pengendara,” katanya.

Tapi tadi warga lain sudah coba lapor lewat telepon ke nomor emergency 112, agar pohon tumbang segera dievakuasi. Semoga petugas cepat datang.

Sebab kata dia pohon yang tumbang juga tampak menutup sebagian drainase di sisi jalan.

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Juanda Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Sukmajaya.

Sementara itu hujan deras juga mengakibatkan turap di di Perum PGRI RW. 09, RT. 11/04 dan Perum Griya Kalibaru RW.02 (Kali Stamu Perbatasan dengan Pabuaran) Kecamatan Cilodong.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakt setempat Burhanudin atay yang biasa disapa Abuy membenarkan adanya turap di wilayahnya yang jebol sehingga mengenangi rumah warga.

Dikonfirmasi terpisah Kepala Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang Kota Depok Manto mengatakan pihaknya sudah menurunkan satgas banjir ke lokasi banjir.

Banjir yang melanda di Kelurahan Pasir Putih diduga disebabkan adanya sampah yang menumpuk sehingga menyebkan air sungai meluap ke jalanan bahkan ke pemukiman warga.