DepokNews – Warga Kampung Kebayunan kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos, Kota Depok, secara gotong royong membuat lubang resapan biopori dengan menggunakan pipa, tepatnya di wilayah RT.03/020 yang tersebar di halaman rumah maupun di pinggir jalan.

Kegiatan ini berlangsung dari pagi hingga sore pada hari Sabtu (3/7/2021) berbarengan dengan pengasapan atau fogging Demam Berdarah.

Menurut Ketua RT.03/020 Asep Jamal, kegiatan pembuatan biopori dan fogging di wilayahnya dilaksanakan bersama-sama warga dibantu oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Untuk pembuatan biopori bahan-bahan, mesin, dan operatornya dapat bantuan dari PKS. Fogging juga begitu, dari PKS juga,” kata Asep.

“Warga dan Karang Taruna membantu memasang pipa biopori. Ada juga yang bantu mengarahkan operator fogging ke rumah-rumah warga,” tambahnya.

Surono, koordinator Giat Biopori dan Fogging PKS Kecamatan Tapos, menjelaskan pembuatan lubang biopori awalnya dilakukan di RT.03/020 namun di tengah pengerjaan, Ketua RT.02 dan RT.01 mengajukan agar wilayahnya juga dibuatkan lubang biopori karena ada banyak genangan air.

”Berlanjut sampai sore, RT yang berdekatan dengan RT.03 juga ingin wilayahnya dibuatkan biopori. Total semua sekitar 60 titik. Untungnya terbantu dengan adanya satu mesin biopori lagi yang dari kantor kelurahan Tapos. Gotong-royong bersama warga sekitar dan Katar,“ ungkap Surono.

“Pengurus lingkungannya turun ke lapangan. Waktu di RT.02 ketua RW-nya juga berkesempatan hadir ikut bergotong royong ,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Andre Alen Afryan, Ketua Karang Taruna RW.020 saat dimintai tanggapannya terhadap kegiatan pembuatan lubang biopori dan fogging di RT.03/020, mengapresiasi kegiatan gotong royong warga dengan PKS.

“Terkait dengan kegiatan yang dibantu PKS, kegiatan ini sangat membantu sekali. Semoga tidak ada penyakit demam berdarah, terhindar dari virus corona yang sedang marak, dan lingkungan kita lebih sehat lagi,” ujar Andre Alen yang didampingi anggota Karang taruna lainnya.

Selain kegiatan pembuatan lubang biopori dan fogging di Kebayunan, siang harinya PKS Kecamatan Tapos juga dimintai bantuannya untuk fogging di RT.03/04 Tapos.

Ketua RT.03/04 Endin Syarifudin mengatakan bantuan fogging ini bermanfaat sebagai pencegahan timbulnya wabah penyakit demam berdarah.

“Di RT sebelah sudah ada yang terkena demam berdarah, maka dari itu kami pengurus RT.03 mengajukan bantuan Fogging kepada PKS melalui Suherman (Korwil PKS), sebagai langkah antisipasi pencegahan DBD,” ungkap Endin bersamaan Tim Relawan PKS mulai menghidupkan alat fogging.

Harapan Endin, bantuan PKS berlanjut ke penyemprotan disinfektan juga.

“Kami sangat berterimakasih kepada PKS atas bantuan foggingnya. Semoga ke depannya PKS semakin solid. Kami berharap PKS juga bisa membantu penyemprotan disinfektan covid 19.” ucap Endin sembari memberitahu pihaknya sudah menyiapkan obat disinfektan pemberian puskesmas setempat .(shl)