Foto: Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Di Lapangan Balaikota Depok.

Di Balik Momentum Hari Kesaktian Pancasila

Posted on
DepokNews– Hari Kesaktian Pancasila merupakan sebuah momentum bagi warga negara Indonesia, khususnya masyarakat Depok untuk berkomitmen atas dasar hidup bernegara. Salah satunya dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Walikota Depok, Mohammad Idris, usai Upacara Hari Kesaktian Pancasila, dirinya menuturkan bahwa Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa.

“Pada dasarnya, Hari Kesaktian Pancasila ini mengingakan kita agar mempertahankan bangsa Indonesia dan tetap menjunjung tinggi ideologi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya, Senin (2/10/2017).

Sementara itu, Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia harus dipertahankan sampai kapanpun. Oleh karena itu dirinya mengimbau kepada generasi muda untuk mengingat peristiwa sejarah.

“Seperti mengikuti kegiatan nonton bareng film G30S/PKI kita bisa lebih mengetahui peristiwa kelam yang pernah dialami oleh bangsa Indonesia. Melalui menonton peristiwa sejarah seperti itu, sebagai penerus bangsa kita bisa lebih bersemangat untuk mempertahankan negara Indonesia, termasuk Kota Depok,” tamba orang nomor satu di Kota Depok.

 Oleh karena itu, ia berharap masyarakat juga ikut teraplikasikan dalam komitmen hidup bernegara.
“Karena Hari Kesaktian Pancasila ini mengingatkan kita, bahwa kita punya komitmen hidup bernegara yaitu Pancasila. Selain itu, kita juga punya satu pedoman dalam hidup berbangsa dengan beragam budaya, suku, agama, dan bahasa yaitu Pancasila,” ujarnya.