Petugas Kesehatan Dinkes Depok saat melakukam pemeriksaan HIV/AIDS di aula Rumah Sakit Universitas Indonesia, Senin (03/12). (Foto: Asyril/Diskominfo).

Deteksi Dini HIV/AIDS, Dinkes Depok Lakukan Pemeriksaan Mobile VCT

Posted on 2,299 views

DepokNews–Guna mendeteksi dini Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melakukan pemeriksaan Mobile Voluntary Counseling and Testing (VCT) di Rumah Sakit Universitas Indonesia. Kegiatan tersebut dilakukan sehubungan dengan Peringatan Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember 2018.

“Targetnya ada 150 mahasiswa dari Universitas Indonesia menjalani tes pemeriksaan HIV/AIDS sebagai upaya deteksi dini,” tutur Kepala Dinkes Kota Depok Novarita usai kegiatan Seminar dan Skrining Pemeriksaan HIV/AIDS di aula Rumah Sakit Universitas Indonesia, Senin (03/12/18), seperti dilansir depok.go,id

Dikatakan Novarita, sebelum pemeriksaan, mahasiswa yang mengikuti tes akan melakukan konseling terlebih dahulu bersama petugas kesehatan. Selanjutnya, jika setuju akan mendatangani surat persetujuan. Kemudian, mereka melakukan pemeriksaan berdasarkan pedoman dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan World Health Organization (WHO).

Novarita menambahkan, hasil pemeriksaan yang dilakukan dapat segera diketahui. Jika dari hasil pemeriksaan positif terkena HIV/AIDS akan segera dilakukan rujukan ke pelayanan pengobatan Antiretroviral (ARV).

“Kami akan segera melakukan rujukan ke rumah sakit dengan pelayanan ARV agar selanjutnya dapat segera mengikuti pengobatan secara teratur,” katanya.

Untuk diketahui, penderita positif HIV/AIDS harus mengonsumsi obat seumur hidup. Obat tersebut akan menghambat perkembangan dan aktivitas virus HIV/AIDS.