Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Depok Virtual Expo. (Foto : JD 01/Diskominfo)

DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tetap berupaya mengembangkan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan berinovasi untuk mendorong UMKM memasarkan produknya melalui online.

“Tahun ini kami kembali mengadakan event bergengsi Depok Virtual Expo dalam beberapa hari ke depan untuk memasarkan produk UMKM kepada masyarakat luas,” tutur Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat membuka kegiatan Depok Virtual Expo 2021 secara virtual, Selasa (24/08/21).

Dikatakannya, Pemkot Depok sudah dua kali menggelar event pemasaran produk UMKM secara online. Yakni Depok Virtual Expo pada Oktober 2020 dan Bazar Digital April 2021.

“Dari dua kegiatan tersebut terjual 4.921 produk UMKM di Kota Depok,” katanya.

Lanjut dia, dalam kurun waktu empat tahun, Pemkot Depok juga sudah melatih 1.490 orang menjadi wirausaha baru. Melalui program Wirausaha Baru para peserta diberikan motivasi dan materi tentang dasar-dasar menjadi pelaku usaha.

“Mereka juga diberikan pelatihan guna meningkatkan kapabilitas diri dan kualitas produk melalui pelatihan kemasan produk dan pemasaran,” terangnya.

Sementara itu, Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan menyatakan, kegiatan Depok Virtual Expo 2021 akan digelar selama 13 hari, diisi berbagai acara seperti bazar digital yang bekerja sama dengan e-commerce yaitu Shopee dan Tokopedia. Sebanyak 300 UMKM yang ada di Depok ikut serta dalam gelaran tersebut.

“Kemudian ada klinik bisnis, webinar dengan materi yang menarik bagi rekan UMKM, Startup Competition. Lalu ada juga lomba video pendek dan terakhir kurasi produk,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id