Simulasi kebakaran Detos (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

Depok Town Square Gelar Simulasi Kebakaran

Posted on 828 views
DepokNews- Pagi tadi warga sekitaran pusat perbelanjaan Depok Town Square (Detos) dikejutkan dengan kobaran api. Mereka pun berhamburan keluar gedung, Kamis (21/12).
Penghuni dan warga sekitar yang sedang beraktifitas pun berupaya menyelamatkan diri dari kobaran api. Petugas juga melakukan pemadaman sambil mengevakuasi penghuni.
Kobaran api yang terlihat di Detos itu ternyata hanya sebagai simulasi penyelamatan kebakaran. Namun simulasi itu juga sempat menghebohkan pengendara di Jalan Margonda karena mereka mengira itu adalah kebakaran betulan.
“Saya kira benar kebakaran. Nggak tahunya simulasi. Tadi di sosmed juga ramai katanya Detos kebakaran,” kata Fahri salah satu warga.
Menanggapi hal itu, Marcomm and Event Manager Detos, Ferry Nurdin Firdaus menuturkan simulasi dilakukan dalam rangka upaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik serta kesigapan para petugas saat terjadinya kebakaran. Simulasi ini rutin dilakukan pihaknya setiap tahun.
“Kami rutin menggelar ini. Kerjasama dengan Pihak Damkar Kota Depok serta Kepolisian setempat,” katanya.
Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat kebakaran di dalam pusat perbelanjaan. Kegiatan ini melibatkan beberapa pihak seperti tenant, petugas keamanan dari Detos sendiri, petugas pemadam kebakaran hingga petugas kepolisian. Diharapkan dengan adanya latihan atau simulasi seperti ini dapat melatih pihak internal mall.
“Supaya mereka tidak panik, dan dapat menjalankan prosedur penanganan kebakaran dengan semestinya serta meminimalisir adanya korban jika hal tersebut terjadi,” pungkasnya.(mia)