Depok Siapkan Alun Alun Kota Sebagai Sarana Aktifitas

Posted on 16 views

DepokNews- Rencana pembangunan alun-alun di tengah kota terus dimatangkan pemkot Depok. Saat ini lokasi akan dibangunnya alun-alun tersebut sudah ditetapkan yaitu di Grand Depok City.

Kepala Bidang Program Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (BAPPLITBANGDA) kota Depok, Reni Siti Nuraeni mengatakan bahwa pemkot Depok menyiapkan lahan kurang lebih 3 hektar lebih untuk pembangunannya, dengan dana yang ditaksir sekitar 176 M. Nantinya alun-alun tersebut direncanakan tidak hanya sebagai penambahan RTH saja, tapi juga dapat dinikmati sebagai sarana aktifitas masyarakat.

“Inginnya tidak hanya sebagai taman saja, tapi juga ada ruang publik untuk masyarakat,”tuturnya.

Dirinya mengatakan, bahwa BAPPLITBANGDA secara makro menginginkan adanya ruang publik di alun-alun tersebut, seperti sarana ibadah, aula pertemuan, dan tempat untuk UMKM berjualan. Sehingga nantinya alun-alun tersebut menjadi sarana yang terintegrasi dan juga layak untuk anak-anak, lansia, remaja dan juga termasuk para penyandang disabilitas.

“Rencananya seperti itu, makanya pengerjaannya ada di Disrumkim. Kalau hanya berupa taman bisa saja dilimpahkan ke DKLH, tapi karena nantinya ada bangunan lain jadinya masuk ke Disrumkim,” jelasnya.

Dirinya melanjutkan, setelah tahap pembebasan lahan ini selesai baru akan dilanjutkan dengan tahap pembangunan. Mengenai DED itu menjadi ranah Disrumkin dan rencananya juga akan melibatkan masyarakat dalam pembuatan DED.

“Masyarakat akan kami libatkan, agar ada rasa memiliki sehingga alun-alun tersebut dapat terpelihara juga dengan baik oleh masyarakat,” tutupnya.(mia)