Kadisnaker Depok, Manto (Istimewa)

DepokNews- Berkembangnya bisnis rintisan (startup) yang dijalankan oleh usia produktif, senada dengan Kota Depok yang berpotensi menciptakan wirausaha baru.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok Manto mengatakan, saat ini banyak startup yang berkembang di Kota Depok. Kebanyakan usia produktif yaitu18-40 tahun.

“Ini bisa jadi potensi untuk mencetak wirausaha baru,” kata Manto.

Menurut data yang dihimpun, lanjutnya, saat ini terdapat 1,1 juta jiwa angkatan kerja, sedangkan yang bukan angkatan kerja sebanyak 656 ribu jiwa. Sebagian besar dari mereka adalah Ibu Rumah Tangga, anak sekolah, dan wirausahawan yang tidak masuk dalam data Disnaker Kota Depok.

“Memang sedikit sulit untuk mendata mereka yang telah beriwirausaha. Karena pada dasarnya mereka bukan pekerja formal. Mereka bekerja di rumah dan tidak ada jam kerja khusus sehingga masuk dalam data yang bukan angkatan kerja,” terangnya.

Manto menyebut, berbagai kegiatan dilakukan untuk menciptakan wirausaha baru. Salah satunya melalui kegiatan pelatihan komputer yang belum lama ini dilaksanakan.

“Kita fokus untuk pelatihan bisnis online atau online shop, karena  saat ini sedang booming. Mudah-mudahan selepas pelatihan, peserta yang ikut dalam program ini bisa bekerja di perusahaan maupun berwirausaha,” pungkasnya.(mia)