Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok Kusumo menangkap pembuang sampah sembarangan

Depok Jadi Kota Pertama yang Membentuk Tim Buser DLHK

Posted on 23 views
DepokNews- Tim Buru Sergap (Buser) merupakan salah satu inovasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Tim buser hang memburu pembuang sampah liar, menjadi contoh bagi wilayah lain di Indonesia.
Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Kusumo mengatakan tim Buser yang rutin melakukan patroli, mampu mendisiplinkan pembuang sampah sehingga tingkat pencemaran lingkungan bisa dicegah.
Kusumo melanjutkan, Depok merupakan kota yang pertama kali membentuk Tim Buser sampah. Setelah Depok, ada kota lain yang mengikuti, seperti Kota Bandung, Bali, Jakarta dan lain sebagainya.
“Jumlah OTT yang menurun setiap tahunnya, menjadi bukti aksi ini bisa memberikan efek jera dan menyadarkan pembuang sampah liar,” kata Kusumo.
Tim Buser yang telah dibentuk tiga tahun lalu, setidaknya telah menindak ratusan pembuang sampah liar di Kota Depok.
Terpisah, salah satu warga Kelurahan Abadijaya Dina Puspita mengaku selalu memantau berita mengenai Tim Biser DLHK. Menurutnya, sangat penting mengembangkan sebuah inovasi untuk kepentingan banyak orang.
“Lebih ke efek jera bila yang tertangkap. Apalagi saya lihat banyak yang pakai mobil tapi buang sampah dijalan, dan tertangkap Tim Buser,” tandas pegawai swasta di Jalan Margonda ini (mia)