Depok Berprestasi, Pemkot dan Wali Kota Depok Raih Penghargaan Top Digital Awards 2020

DepokNews–Pemerintah Kota Depok meraih penghargaan Top Digital Implementation 2020 on City Government pada acara Top Digital Awards 2020 di Ballroom Hotel Rafles, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Penghargaan juga diberikan kepada Wali Kota Depok, Mohammad Idris untuk kategori Top Leader on Digital Implementation 2020. Kedua penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono, mewakili Wali Kota Depok.

Sidik Mulyono menjelaskan, TOP DIGITAL Awards 2020 merupakan kegiatan corporate rating (award) sekaligus pembelajaran Solusi Bisnis berupa TI TELCO digital bagi korporasi dan instansi pemerintahan. TOP DIGITAL Awards 2020 diselenggarakan oleh majalah It Works. Brand/merek TOP DIGITAL Awards telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual – Kementerian Hukum dan HAM RI.

Metode penilaian Top Digital Awards 2020 menggunakan 3 metode, yakni melalui kuesioner & wawancara penjurian, rekomendasi user atau masyarakat, serta melalui market research. Tahun ini mengusung tema “Top Digital Innovation & Implementation in New Normal”. Artinya, dengan terus melakukan inovasi dan transformasi digital, diharapkan bisa menjadi solusi sekaligus peningkatan daya saing (competitiveness) di era adaptasi kenormalan baru ini (the new normal era).

TOP DIGITAL Awards merupakan penghargaan bidang TI TELCO/ Teknologi Digital yang terbesar di Indonesia. Kegiatan penilaian melibatkan lebih dari 800 perusahaan dan instansi pemerintahan. Kemudian, berdasarkan rekomendasi para pakar, konsultan, dan asosiasi TI TELCO ditetapkan 200 Finalis/Kandidat Pemenang.
Kemudian, para finalis diminta untuk mengisi kuesioner tentang keberhasilan implementasi dan pemanfaatan teknologi digitalnya, dan diundang untuk mengikuti Wawancara Penjurian secara daring. Dari 200 Finalis, sebanyak 160 Finalis yang mengikuti tahapan penilaian secara lengkap, termasuk mengikuti Wawancara Penjurian yang dilakukan melalui video converence (vidcon) yang berasal dari berbagai perusahaan, institusi, termasuk Kementerian, Lembaga pemerintah. Jumlah peserta yang menjadi Finalis atas inovasi digital tahun ini terjadi peningkatan sebesar 25% dari tahun lalu yang saat itu sebanyak 128 Finalis.

Depok mendapat bintang 4 karena para juri menilai bahwa Depok telah berhasil melakukan inovasi yang memberikan solusi di masa pandemi COVID-19, yaitu dengan pengembangan konten aplikasi di dalam DSW (Depok Single Window) berupa aplikasi KSC (Kampung Siaga COVID) dan PICODEP (Pusat Informasi COVID-19 Depok), serta aplikasi lain yang mendukung masyarakat dapat berbelanja secara daring (UMKM Center, SWADEP, Pasar online, dll). Selain itu juga penyediaan fasilitas internet gratis di seluruh RW untuk mendukung keperluan Pembelajaran Jarak Jauh bagi para siswa pelajar di Kota Depok.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Pimpinan kami (bapak Walikota, Wakil Walikota, dan Sekda) serta seluruh perangkat Daerah dan stakeholder yang turut mendukung implementasi digital di pemerintahan Kota Depok. Penghargaan ini bukanlah puncak prestasi, akan tetapi merupakan motivasi buat kota Depok untuk terus melakukan inovasi tanpa henti dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Depok,” pungkas Sidik Mulyono.