Wali Kota Depok saat menerima kunjungan dari delegasi pemerintah Kota Sepang Malaysia di Gedung Balai Kota Depok, Jum’at (11/08/17). ( Foto : Bima/Diskominfo).

Depok Berbagi Ilmu Pengelolaan Sampah ke Pemkot Sepang

Posted on

DepokNews — Kesuksesan Depok mengelola sampah tidak hanya berbuah Piala Adipura. Pencapaian ini juga menjadi daya tarik bagi 20 delegasi Pemerintah Kota Sepang Malaysia untuk berkunjung langsung ke Pemkot Depok.

Rombongan tersebut diterima dengan hangat oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris di Ruang Edelweis, Gedung Balai Kota Depok. Selain untuk membahas pengelolaan sampah, rombongan juga membahas tata kelola pemerintahan di Kota Depok.

Mohammad Idris menuturkan, kunjungan perwakilan dari Pemerintah Kota Sepang ke Kota Depok adalah yang pertama kali. Kepada rombongan, Pemerintah Kota Depok memperkenalkan berbagai program yang ada di Kota Depok, seperti Depok Smart City dan Depok Bersih (Zero Waste City), serta bagaimana penerapan dari program-program tersebut, dengan harapan dapat memberikan manfaat yang bisa diterapkan di Kota Sepang Malaysia.

“Kota Sepang ini adalah salah satu kota baru di Malaysia. Tadi sudah kita paparkan juga bagaimana tata kelola pemerintahan di Kota Depok yang di dalamnya termasuk pengelolaan sampah. Nantinya bisa diterapkan di Kota Sepang, karena mungkin Kota Sepang juga mengalami problematika yang sama,” tutur Mohammad Idris saat ditemui depok.go.id, Jumat (11/08/17).

Sementara itu, perwakilan dari Majlis Perbandaran Sepang, Tuan Muhammad Hafiz bin Shaari menuturkan, kunjungan tersebut untuk melihat bagaimana upaya Pemerintah Kota Depok dalam menangani sampah dan penerapan posko aduan 112 atau Emergency Call.

“Tujuan kita ke sini adalah untuk mempelajari bagaimana penerapan program pengolahan sampah, serta tata kelola pemerintahan di sini. Mudah-mudahan nanti kita bisa terapkan di Kota Sepang,” jelasnya.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi sambutan yang hangat dari Pemerintah Kota Depok, dan berharap suatu saat nanti Pemkot Depok bisa melakukan kunjungan ke Kota Sepang untuk melakukan studi banding.

“Kami sangat senang sekali bisa disambut langsung oleh Wali Kota Depok, dan kami berharap suatu saat nanti Pemkot Depok bisa melakukan kunjungan balasan,” ucapnya.