*Foto hanya ilustrasi, kegiatan famgat 2019

DepokNews–Ketua RT 06/04 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, KotaDepok, Fajar Martiono menceritakan pengalaman pencegahan virus Corona Lingkungan disekitarnya.

Menurut Fajar pihaknya sudah melakukan segala kebijakan sesuai seruan Pemerintah pusat dan Kota. Mulai dari penutupan sementara mushola sebagai basis pertemuan antar warga. Shalat dirumah sementara waktu. Namun saat adzan tetap berkumandang sebagai tanda masuk waktu shalat.

“Warga stay at home kecuali hal yang penting, menghindari kerumunan orang. Tidak ada pertemuan warga, pengajian warga, senam nusantara dan event-event lainnya,”ujarnya melalui pesan tertulis. Rabu (1/4/2020).

Dikatakan Fajar komunikasi dilingkunganya tetap dijaga via WA grup RT dan zoom chat bila perlu hrs meeting. Work From Home bagi yang ada kebijakan dari kantornya, menyeruhan manfaatkan quality time bersama keluarga di rumah.

“Tetap update terhadap perkembangan situasi dan mempelajari tentang virus Covid19 agar paham dan tidak paranoid. Paham anjuran apa saja yg harus dilakukan,”Katanya.

Selain itu kebijakan belanja di tukang sayur keliling yaitu order via WA atau bila harus ketemu tukang sayur wajib memakai masker dan menjaga jarak.

“Menulis pesanan dari rumah apa saya nanti ambil lagi ke tukang sayur,”ujarnya.

Ia juga memastikan semua warga tercukupi kebutuhan dasar makanannya. Membuat kebijakan Food Sharing antar tetangga ( berbagi makanan) dan kebijakan berbagi paket sembako kepada warga yang kena dampak ekonomi corona serta wrg2 yg membutuhkan ( ada warga yg kena dampak blm bekerja, single parent, lagi jobless akibat kena PHK dll).

kemudian lanjunya pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan baik mushola dan ke lingkungan rumah-rumah warga. Melàkukan seruan pola hidup sehat dan ber olah raga, meskipun stay at home pagi usahakan keluar berjemur jam 10.

“Salah satu yang belum bisa kami lalukan adalah lokdon jalan karena jalan kami juga di lewati warga perumahan belakangnya juga,”tuturnya.