Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Imam Budi Hartono

DepokNews– Imam Budi Hartono (IBH) yang saat ini menjabat sebagai ketua Komisi VI DPRD Jabar sekaligus bakal Calon Wali Kota Depok dari PKS ternyata memiliki kisah yang menarik waktu menjadi mahasiswa.

Selain menjadi seorang aktifis dakwah di kampus Universitas Indonesia (UI), IBH juga harus menjalani profesi lain yaitu menjadi seorang guru privat untuk mengajar siswa SMP dan SMA.

“Perjalanan perkuliahan melanjutkan dari aktivitas yang ada di SMA yaitu sebagai anggota rohani Islam atau mungkin aktivis dakwah kampus.Untuk kuliah saya nggak banyak kegiatan organisasi. karena maklum orang tua saya seorang sopir. Jadi saya harus mencari tambahan untuk biaya fotocopy dan biaya lainnya, Sehingga saya waktu kuliah mencari kerja dengan menjadi guru privat SD, SMP, SMA dan Alhamdulillah akhirnya berhasil juga seperti saat ini,”ujar IBH saat acara bincang santai Depok kita beberapa waktu yang lalu.

Dikatakan Imam sebagai seseorang anak dirinya tidak ingin membebani orang tua. Untuk itulah Imam berbagi waktu untuk kuliah, organisasi serta mengajar sebagai guru privat.

” Selepas kuliah dan organisasi saya langsung melihat jadwal untuk ngajar Allhamdulilah meski nyambi saya tidak pernah ketinggalan baik kuliah apalagi nilai. Karena saya menjalani dengah penuh keikhlasan dan semangat karena kalau tidak begitu saya tidak mau terlalu membebani orang tua,”katanya.

Selama kuliah dirinya tinggal di kos dan belajar mandiri tidak tergantung sama orang tua. Namun sebulan sekali tetap menjenguk bapak atau ibu di rumah di Jakarta.

“Meski saya kos tetap punya waktu untuk nengokin orang tua. Ya istilah pulang ke kota asal,”bebernya.

Setelah lulus kuliah di Universitas Indonesia, IBH memulai karir pertamanya menjadi guru di STM Panmas.

” Dan cukup lama saya mengajar matematik dan keilmuan lainnya. Namun dengan adanya reformasi tahun 1998 teman-teman mahasiswa mencoba mengajak untuk ikut demo dan setelah itu ada keputusan membuat partai danmenjadi ketua divisi waktu pertama DPC PKS Partai Keadilan kecamatan Beji,”

“Dan setelah Depok menjadi kota dan jadilah saya menjadi ketua DPD pertama Partai Keadilan di Kota Depok. Begitu cepat dan akhirnya terpilih menjadi anggota DPRD pertama kali saya Depok dan sejarah juga di Depok menjadi anggota dewan,” pungkas IBH.